Honda Vario 150
Honda Vario 150, motor matic yang diproduksi oleh Astra Honda Motor (AHM) ini pertama kali hadir di Indonesia pada awal tahun 2012.
Ditahun kelahirannya, varian ini menggunakan dapur pacu berkapasitas 150cc dan juga sudah mengadaptasi teknologi eSP.
Mengenai teknologi eSP ini, nanti akan kami ulas lebih detail dan spesifik, agar sobat vario mengerti dan tau apa sih teknologi mutakhir dari Honda ini.
Kita lanjut bahas si Vario 150 ini, berikut akan kami berikan informasi teknis dari mesin, dimensi, pilihan warna, jumlah varian/modenya dan juga harga resminya.
Spesifikasi Teknis Honda Vario 150 eSP 2024
Disini kami akan memberikan informasi lengkap tentang :
3. Kelistrikan
5. Dimensi
6. Fitur
7. Harga
9. Top Speed
10. Konsumsi BBM
Spesifikasi Mesin Honda Vario 150
Berikut akan kami berikan infographic dari mesin Honda Vario 150 eSP tahun 2024.
Komponen Mesin | Spesifikasi |
---|---|
Tipe Mesin | 4 langkah, SOHC dengan pendingin cairan |
Kapasitas Mesin | 149,3 cc |
Diameter x Langkah | 57,3 x 57,9 mm |
Daya Maksimum | 13,1 PS / 8.500 rpm |
Torsi Maksimum | 13,4 Nm / 5.000 rpm |
Perbandingan Kompresi | 10,6:1 |
Sistem Bahan Bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) |
Sistem Starter | Elektrik dan Kickstarter |
Sistem Pendingin | Liquid Cooled |
Sistem Kopling | Otomatis, sentrifugal, tipe kering |
Transmisi | Otomatis, V-matic |
Busi | ND U27EPR-9, NGK CPR9EA-9 |
Sistem Pengapian | Full transisterize, Baterai |
Varian dan Warna Vario eSP 2024
Untuk Honda Vario 150 eSP tahun 2024 tersedia dalam 2 varian utama dengan total 6 pilihan warna.
Varian | Warna |
---|---|
Sporty | • Sporty Black Red |
• Sporty White Red | |
Exclusive | • Exclusive Matte Black |
• Exclusive Matte Silver | |
• Exclusive Matte Red | |
• Exclusive Matte Brown |
Sistem Kelistrikan Honda Vario 150 eSP 2024
Berikut informasi sistem kelistrikannya :
Komponen | Spesifikasi |
---|---|
Tipe Baterai | MF 12V-5 Ah |
Sistem Pengapian | Full transisterized |
Tipe Busi | NGK CPR9EA-9 / Denso U27EPR9 |
Lampu Depan | LED 2.6 W x 2 (low), 5,2 W x 2 (high) |
Detail Spesifikasi Rangka
Komponen | Spesifikasi |
---|---|
Tipe Rangka | Underbone (Tulang Punggung) |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Swing Arm dengan Shockbreaker Tunggal |
Rem Depan | Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal |
Rem Belakang | Tromol |
Sistem Pengereman | Combi Brake System (CBS) |
Jarak Sumbu Roda | 1.280 mm |
Jarak ke Tanah | 132 mm |
Berat Kosong | 112 kg |
Dimensi Keseluruhan
Dimensi | Spesifikasi |
---|---|
Panjang | 1.919 mm |
Lebar | 679 mm |
Tinggi | 1.062 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.280 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | 132 mm |
Tinggi Jok | 769 mm |
Berat Kosong | 112 kg |
Kapasitas Bagasi dan Oli Mesin
Komponen | Kapasitas |
---|---|
Tangki Bahan Bakar | 5,5 liter |
Minyak Pelumas | 0,8 liter (penggantian periodik) |
Kapasitas Penumpang | 2 orang |
Tangki Oli | 0,8 liter |
Fitur Honda Vario 150 eSP 2024
Kategori Fitur | Deskripsi |
---|---|
Sistem Keamanan |
• Smart Key System - Kunci keyless dengan anti-theft alarm • Answer Back System - Pencari posisi motor di parkiran • Secure Key Shutter - Pelindung lubang kunci |
Pencahayaan |
• Dual Keen LED Headlight - Lampu depan LED • All LED Lighting System - Semua lampu menggunakan LED |
Panel Instrumen | • Full Digital Panel Meter - Menampilkan konsumsi BBM, jam digital, speedometer, tripmeter, indikator oli, smart key, dan aki |
Sistem Pengereman |
• Combi Brake System (CBS) - Pengereman depan dan belakang terintegrasi • Brake Lock System - Pengunci rem saat parkir |
Fitur Efisiensi |
• Idling Stop System (ISS) - Mematikan mesin otomatis saat berhenti • ACG Starter - Starter halus dan hemat energi |
Bagasi |
• Double Inner Rack - Bagasi depan ganda • U-Box 18 Liter - Bagasi belakang muat helm full-face |
Keselamatan | • Side Stand Switch - Mesin tidak dapat hidup saat standar samping masih terbuka |
Informasi Harga OTR Resmi Honda Vario 150 eSP
Merujuk dari halaman resmi Honda dan juga beberapa dealer-dealer rekanan naungan Honda, berikut adalah harga Honda Vario eSP tahun 2024 untuk pulau Jawa (Jakarta) dan Sumatera.
Harga ini tidak mengikat, karena tiap daerah memiliki prosedural penentuan harga yang berbeda-beda ditiap daerah.
Wilayah | Vario 150 Sporty | Vario 150 Exclusive |
---|---|---|
Jakarta | 24.900.000 | 25.500.000 |
Bandung | 24.850.000 | 25.450.000 |
Semarang | 24.450.000 | 25.050.000 |
Surabaya | 24.750.000 | 25.350.000 |
Medan | 24.470.000 | 25.070.000 |
Palembang | 24.470.000 | 25.070.000 |
Apa Perbedaan Varian Exclusive dan Sporty pada Honda Vario 150 ESP 2024?
Aspek Pembeda | Varian Exclusive | Varian Sporty |
---|---|---|
Desain Body |
• Desain simpel dan elegan • Emblem/Emboss 3D pada list body • Tampilan monotone |
• Desain agresif dengan grafis • Tanpa emboss 3D • Tampilan two-tone |
Pilihan Warna |
• Exclusive Matte Black • Exclusive Matte Silver • Exclusive Matte Red • Exclusive Matte Brown |
• Sporty Black Red • Sporty White Red |
Velg | • Velg warna emas khusus untuk Matte Black | • Velg standar warna hitam |
Emblem | • 3D emblem warna merah khusus untuk Matte Silver | • Emblem standar |
Berapa Biaya Pajak Tahunan Honda Vario 150 eSP?
Sebelum beli, ada pentingnya juga informasi tentang pajak tahun dari motor matic ini kami sampaikan disini.
Komponen Pajak Tahunan
- • PKB (Pajak Kendaraan Bermotor): Rp 342.000
- • SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan): Rp 35.000
- • Total Pajak Tahunan: Rp 377.000
- Biaya pajak dapat berbeda di setiap daerah
- Pajak progresif berlaku di kota-kota besar seperti Jakarta jika memiliki lebih dari satu kendaraan
- Keterlambatan pembayaran akan dikenakan denda sesuai dengan lamanya keterlambatan
Komponen Pajak 5 Tahunan
Untuk perpanjangan 5 tahunan, terdapat biaya tambahan:
- • Penerbitan STNK: Rp 100.000
- • Pengesahan STNK: Rp 25.000
- • Penerbitan STCK: Rp 25.000
- • Penerbitan TNKB (plat nomor): Rp 60.000
- • SWDKLJJ: Rp 35.000
- Total Biaya Ganti Plat: Rp 245.000
Berapa konsumsi BBM Honda Vario 150 eSP?
Konsumsi BBM Resmi
- • 46,9 km/liter berdasarkan metode pengujian ECE R40 Euro 3
- • 52,9 km/liter berdasarkan klaim pabrikan Honda
Hasil Uji Real
Dalam pengujian real yang dilakukan oleh detikOto:
• Mencapai 51,4 km/liter dalam kondisi:
- - Pengendara tunggal
- - Kecepatan rata-rata 60-65 km/jam
- - Rute Jakarta-Bogor
Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi BBM
- • Gaya berkendara
- • Kondisi jalan
- • Penggunaan fitur ISS (Idling Stop System)
- • Perawatan rutin komponen seperti filter udara dan oli
- • Jenis bahan bakar yang digunakan
Dengan kapasitas tangki 5,5 liter, motor ini mampu menempuh jarak cukup jauh dalam sekali pengisian, menjadikannya salah satu motor matik 150cc yang cukup efisien dalam konsumsi bahan bakar.
Berapa Top Speed dari Honda Vario 150 eSP?
Kecepatan Maksimal Berdasarkan Pengujian
Pengujian dengan Racelogic:
- • Top speed aktual: 110,8 km/jam
- • Tampilan speedometer: 115 km/jam
Pengujian Pabrikan:
- • Kecepatan maksimal resmi: 102 km/jam pada jarak 0-200m dalam waktu 11,9 detik
Pengujian Real:
- • Dalam kondisi standar mencapai 110 km/jam
- • Dengan upgrade CVT bisa mencapai 140 km/jam (dalam kondisi statis/diam)
Data Akselerasi
- • 0-60 km/jam: 5,3 detik
- • 0-80 km/jam: 9,7 detik
- • 0-100 km/jam: 17,2 detik
Perlu diperhatikan bahwa kecepatan maksimal dapat bervariasi tergantung beberapa faktor seperti:
- Berat pengendara
- Kondisi jalan
- Kondisi mesin
- Perawatan berkala
- Kualitas bahan bakar
Kapan Teknologi eSP ini disematkan pada motor Vario?
Teknologi eSP pertama kali dipakai pada New Honda Vario 110 eSP yang dirilis pada 27 November 2017. Yang mana pada generasi sebelumnya masih menggunakan teknologi FI (Fuel Injection).
Kemudian teknologi eSP ini mulai menjadi standard untuk setiap produk skutik Honda sejak peluncuran pertama Vario 150 pada 14 Januari 2015.
Jadi dapat dikatakan implementasi dari teknologi eSP ini mulai diterapkan secara bertahap.
Apa sih yang dimaksud dengan Teknologi eSP?
Pengertian dan Fungsi
- • Teknologi yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi pembakaran dan mengurangi energi terbuang
- • Menghasilkan performa kendaraan yang lebih tinggi dengan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien
- • Pertama kali diperkenalkan pada Honda BeAT tahun 2013
Komponen Utama
Sistem Mekanis:
- • ACG Starter - Mengurangi gesekan saat starter dan menghasilkan suara lebih halus
- • Offset Cylinder - Mengurangi gesekan antara piston dan silinder
- • Roller Type Rocker Arm - Mengurangi gesekan dan beban pegas katup
- • Spinny Sleeve - Menjaga bentuk silinder tetap sempurna
Sistem Pembakaran:
- • Squish - Mengoptimalkan pengapian dan mempercepat pembakaran
- • Tumble - Menyebarkan bahan bakar lebih merata
Teknologi Pendukung
- • PGM-FI (Programmed Fuel Injection) - Sistem suplai bahan bakar dengan sistem semprot
- • CBS (Combi Brake System) - Sistem pengereman terintegrasi
- • ISS (Idling Stop System) - Sistem mati otomatis saat berhenti
Keunggulan
- • Lebih hemat bahan bakar
- • Performa mesin lebih tinggi
- • Suara mesin lebih halus
- • Ramah lingkungan dengan emisi lebih rendah
- • Akselerasi lebih responsif
Post a Comment for "Honda Vario 150"